Jumat, 17 Januari 2014

Tips memilih RAM Komputer / Laptop yang bagus



Disini saya akan memberikan artikel mengenai Cara memilih Ram Komputer / Laptop.
Silahkan simak beberapa tips yang saya rangkum dari beberapa artikel.



Tips Cara memilih RAM :

1. Gunakan Kedua slot di motherboard.

Apabila motherboard di komputer anda mendukung 2 slot RAM, gunakan keduanya. Misalnya belilah 2 buah RAM 1GB maka akan menjadi 2GB. Lebih baik mengisi 2 slot dengan jumlah sama, dari pada hanya 1 slot dengan jumlah besar.
Ingat ! Jumlah kapasitas RAM di 2 slot harus sama, misalkan jangan menggunakan RAM 1GB di slot pertama dan 2GB di slot kedua, itu akan menyebabkan arus listrik di komputer menjadi tidak seimbang.

2. Perusahaan / Produsen

Carilah perusahaan yang sudah mempunyai nama baik dalam hal RAM, atau bisa juga pilih RAM yang sudah banyak digunakan oleh pengguna komputer. Lihat juga garansi yang diberikan, karena garansi menunjukkan tingkat kepedean suatu perusahaan.

3. Heat Spreader

Jika anda sering menggunakan komputer dalam waktu lama, pilihlah RAM dengan heat spreader. Umumnya harga memori dengan heat spreader lebih mahal, walaupun begitu kualitas terjamin, jangan sampai komputer mahal anda rusak karena RAM.

4. Life Time Waranty

Jangan tergiur dengan Life Time Waranty. Di Indonesia, definisi dari jenis garansi ini masih dipertanyakan. Lebih baik cari saja yang pasti.

5. RAM berkemasan

Hati-hati dengan RAM yang tidak berkemasan, walaupun di RAM tersebut berisi merek dari vendor ternama, tapi apa artinya kalo tidak berkemasan, pemalsuan bisa saja terjadi. Jadi anda harus lebih waspada.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini membantu.


Referensi :
http://ilmukomputerplus.blogspot.com/2013/07/tips-memilih-ram-komputer-yang-baik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar