Senin, 20 Januari 2014

Cara merawat baterai laptop baru





Baterai adalah bagian laptop yang paling penting, jika ada laptop tak berbaterai, bagaikan sayur tanpa garam.
Apa yang terjadi apabila baterai laptop sudah drop? Dipake cuma 10 menit sudah habis, dijamin keselnya luar biasa. Harus cari colokan kemana - mana. 
Maka agar terhindar dari kasus diatas, saya akan memberikan tips cara merawat baterai laptop baru.
Silahkan disimak.



1. Saat pertama kali membeli laptop, cas batrei sekitar 8 - 10 jam, karena baterai yg tidak dipakai dalam jangka waktu lama (digudang) sebaiknya di cas terlebih dahulu..

2. Setiap menggunakan laptop lebih baek jika Charging Battery (di cas terus, meski sudah full tetap dicas terus) Karena batrei tipe-tipe baru sekarang mempunyai Controll Battery artinya "jika Full, batrei akan stop charging (stand by) jadi laptop otomatis langsung pakai power listrik, dan juga tidak membuat baterai Soak/Kembung.

3. Jangan melakukan sistem CDC (Charge Discharge) = Apabila baterai penuh cabut adaptor, Dan setelah habis pasang adaptor.

4. Baterai jangan di KALIBRASI (pengosong isi batrei sampai habis 0%) karena banyak effeknya ke baterai (Cycle Count)


5. Jangan pernah BATREI DILEPAS, apabila tiba-tiba listrik mati perangkat laptop terjadi konsleting (LCD,mobo,dll) dan mengakibatkan kerusakan pada hardware laptop. Selain Itu batrei juga mengontrol arus listrik yg masuk sebelum ke perangkat yg laen.

6. 5 menit Sebelum Memakai laptop charging battery dulu, 5 menit setelah Laptop dimatikan baru cabut adaptor.

7. Saat menggunakan baterai (portabel/tanpa di cas), hindari (Maen Game,Putar DVD/CD,Software Grafis Tinggi ). Jika masih ada power listrk mendingan di cas aja.


8. Pastikan suhu kamar (ruangan) tidak terlalu panas, karena
suhu yang tinggi berefek menurunkan performa battery (cycle count berkurang)
Karena, suhu adalah musuh bebuyutan baterai

KESIMPULAN :
Gunakan laptop seperti menggunakan PC Dekstop.
Jika tidak ada listrik, matikan saja. Namun suatu saat daya baterai pasti akan turun, tapi lebih baik baterai yang rusak dari pada laptop anda yang berharga belasan juta yang rusak. Tips diatas akan membantu untuk mempertahankan baterai laptop anda selama beberapa tahun.

Sumber :
http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000006709845

4 komentar:

  1. Terima kasih Infonya Bro, izin ikut menerapkan ya. hehe

    Informasi Lowongan Kerja Terbaru BUMN, BANK, Persero, Swasta, & Berbagai Perusahaan Besar di Indonesia : http://expocpnsbumn.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Nice Post Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya ya!! ^^
    http://rentalsewalaptopsurabaya.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Ok gan, selama ini memang saya ga perhatikan kalau pakai laptop. Kadang lupa ngecas waktu pakai sampai tiba tiba mati sendiri. Jadi kerjaan diulang lagi.
    Terima kasih banyak tips tipsnya.

    BalasHapus
  4. Kalo main game dan plug in, suhu CPU dan HDD jadi akan panas, dan batrai juga ikut panas jika tidak dilepas. sebaiknya bagaimana, karena batrai paling rentan terhadap suhu tinggi?

    BalasHapus