Selasa, 03 Desember 2013

Bagaimana Berfikir Jernih dengan menyampingkan Emosi

Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara berfikir jernih yaitu dengan logika bukan dengan emosi, di saat santai, ataupun di saat mendesak.




Ikuti tipsnya :

Tarik nafas panjang
Peraturan pertama, dan paling ampuh, menarik nafas panjang akan membuat kita lebih tenang, dan tentu saja berfikir akan lebih baik, jika tidak menarik nafas, maka jangkauan berfikir akan lebih pendek, bahkan pendek sekali, dan hasilnya kita tidak akan memecahkan masalah dengan baik.

Kesampingkan masalah
Kesampingkan dulu masalah yang belum begitu penting, fokus pada satu masalah, jangan memikirkan dua masalah sekaligus, ingat! tidak baik melakukan dua pekerjaan sekaligus, jika anda bisa, pasti tidak akan memperoleh hasil maksimal, misalnya jika anda punya 2 masalah, kesampingkanlah dulu masalah pertama, dan fokus ke masalah kedua, begitu juga sebaliknya,


Carilah tempat terbaik saat berfikir
Seperti tempat sepi, tenang, jauh dari keributan, saran saya, tempat terbaik untuk berfikir adalah kamar mandi, tidak bisa dipungkiri, dan sebagian besar orang sudah membuktikannya, saya juga sudah membuktikannya, saya mencapai highscore pada game, memecahkan soal-soal logika dengan mudah dikamar mandi.

Jangan berfikir saat sedang emosi
Ini biasanya terjadi di saat terdesak, atau saat genting, Ini adalah musuh terbesar saat ingin berfikir jernih, saat keadaan emosi, manusia tidak akan berfikir panjang, bahkan bisa sama sekali tidak berfikir, mereka akan bertindak sesuai emosi, yang ada hanya akan menambah masalah, atau masalah sama sekali tidak selesai. 
Jika anda saat keadaan emosi, diam sejenak, tarik nafas panjang, dan pikirkan apa yang akan anda perbuat selanjutnya, pikirkan juga apa efek positif negatif dari perbuatan anda, pikirkan baik-baik, atau anda akan menyesal.

Pengalaman saya saat bertindak menggunakan emosi adalah saya dimusuhi oleh guru di sekolah, karena saya tidak sengaja menyindirnya, dan akhirnya saya menyesal, dan sekarang saya lebih berfikir saat akan bertindak, seperti kata-kata berikut "Dont use your hand, before you use your head".

Jadi, gunakanlah logika anda, jangan biarkan emosi menguasai pikiran anda, sebagian besar tindakan yang dihasilkan oleh emosi adalah tindakan yang tidak baik, bahkan bisa dibilang buruk sekali.

Thats all, Thanks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar